Trusted Partner in People and Corporate Development

 

Budidaya ikan lele adalah suatu kegiatan dimana orang memelihara ikan lele untuk kemudian dijual. Ikan lele relatif mudah dibudidayakan di perairan iklim hangat, sehingga dapat menyuplai makanan yang murah bagi pasar setempat. Ikan lele dapat dibudidayakan di kolam tembok, tanah, terpal, dan juga di tangki, maupun di sungai kecil.
Budidaya ikan lele sangat diminati para peternak karena pasarnya yang terus berkembang. Budidaya ikan lokal yang digemari masyarakat setempat perlu diutamakan jika tujuan kegiatannya adalah untuk meningkatkan produksi makanan serta meningkatkan gizi masyarakat di daerah tersebut. 

Bebek merupakan salah satu jenis hewan ternak unggas selain ayam. Seperti halnya ayam, bebek juga dimanfaatkan daging dan telurnya. Meski demikian, peternakan bebek tentu tidak sebanyak peternakan ayam karena kebutuhan masyarakat akan daging bebek memang tidak terlalu banyak seperti halnya ayam.

Seperti halnya ayam ataupun jenis unggas lain, bagian utama yang dimanfaatkan dari bebek adalah dagingnya. Daging bebek lebih tebal dan keras dibandingkan dengan ayam sehingga ketika ingin mengolahnya, harus dilakukan dengan teknik tertentu agar dapat dimakan. Faktor ini pulalah yang membuat peternakan bebek lebih sedikit dibandingkan dengan peternakan ayam.

Hortikultura memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh jika di gunakan atau dimanfaatkan untuk konsumsi seperti sayuran atau buah-buahan dan baik juga untuk mendongkrak perekonomian. Tanaman hortikultura memiliki nilai jual yang bagus dan terbilang setara dengan usaha yang dilakukan untuk meningkatkan hasil pertanian dan juga dapat menambah devisa negara indonesia karena setiap negara memiliki persaingan untuk meraih produk unggulan dalam bidang pertanian. Hortikultura memberikan manfaat bagi masyarakat dalam penyediaan makanan sehat dan bermanfaat bagi penghilang stres atau kepenatan ketika berada di areal perkotaan karena dengan adanya tanaman hortikultura dapat melihat sesuatu yang alami dan menyejukan.

Xerofi yang bergerak di bidang Konsultan Manajemen, Pelatihan Wirausaha, melakukan implementasi kegiatan pengembangan usaha yang dapat dijadikan model wirausaha mandiri bagi masyarakat sekitarnya yang berlokasi di daerah Cicurug, Sukabumi.

Salah satu bisnis wirausaha yang sedang dikembangkan adalah tanaman hortikultura terdiri dari sayuran, buah-buahan dan tanaman hias yang berbasis tanaman organik, dengan memberdayakan masyarakat sekitarnya untuk produksi pupuk organik seperti kompos, eco-enzime dan lain-lain.

Di samping kebun tanaman hortikultura juga dikembangkan peternakan seperti kambing, sapi, ayam, itik, ikan lele & nila, berikut pengembangan pakan alternative organik.

Penjualan hasil panen tanaman hortikultura organik dan ternak tersebut sebagian besar dijual ke end-user secara online dan offline, bersama mitra usaha masyarakat sekitar.

Rencana pengembangan mitra usaha dalam bentuk Wirausaha Mandiri ini mendapat sambutan besar dari masyarakat sekitar Kampung Cicurug, Sukabumi. Pengembangan kemitraan dilakukan melalui kerjasama dengan Kelompok Tani di Wilayah Cicurug, dalam hal distribusi hasil bumi, dan pemasaran dalam skala besar, berpotensi ekspor ke manca negara.

Ternak ayam kampung pangsa pasarnya sangat luas, banyak orang yang lebih banyak mencari ayam kampung serta telur ayam kampung, terutama pada hari besar yang permintaannya meningkatkan jauh lebih banyak dari pada hari biasa. Dengan begitu tidak perlu khawatir dalam hal pemasarannya, anda tinggal hubungi saja pedagang ayam, dan merekapun akan segera datang mengambil hasil ternak anda tersebut karena memang ayam kampung terbilang cukup langka.
Ayam kampung memang memiliki keunggulan di bandingkan dengan ayam jenis lainnya, terutama dari segi kualitas telur dan dagingnya. Diakui memang, telur ayam kampung memang ukuran nya lebih kecil, namun nilai gizinya jauh lebih besar manfaatnya di bandingkan dengan telur jenis lainnya. Rasanya pun lebih enak telur ayam kampung dari pada telur ras, sehingga tidak heran jika harganya juga lebih mahal.

EcoFarm

Dengan menggunakan cara ternak kambing yang baik dan benar maka sebuah usaha ternak kambing akan berjalan dengan lancar dan juga hasil panennya akan lebih maksimal. Kambing adalah salah satu binatang jenis mamalia berkaki empat yang keberadaannya sangat banyak kita jumpai di segala wilayah Indonesia. Saat ini memang ternak kambing menjadi hal yang biasa terutama untuk yang tinggal di pedesaan, rata-rata para penduduk desa memang berprofesi sebagai petani dan peternak, dan pada umumnya mereka akan memelihara kambing, sapi, ayam, dan binatang ternak lainnya. Namun, para masyarakat desa tidak sadar akan besarnya peluang ternak kambing di negara kita, saat ini daging kambing sangat laris di pasaran karena seiring dengan semakin banyaknya penduduk di negara kita dan juga memang dagingnya yang memiliki rasa khas untuk di sate atau olahan masakan lainnya.