Trusted Partner in People and Corporate Development

 

Management Competencies

Setiap perusahaan atau lembaga usaha, mutlak memiliki kompetensi management yang cukup tinggi untuk setiap individu yang duduk pada jajaran pimpinan. Management yang kuat, akan dapat membawa seluruh karyawan mencapai produktifitas yang tinggi. Sebaliknya, management yang lemah akan membawa keruntuhan usaha.

Kompetensi management meliputi 2 aspek besar, yaitu kompetensi pada aspek manajerial dan kompetensi pada aspek Leadership. Setiap pimpinan mutlak untuk memiliki kedua kompetensi tersebut dengan kuat dan meng aplikasikannya secara efektif dalam eksekusi operasional.

Selain aspek Manajerial dan Leadership, setiap pimpinan juga harus memiliki kompetensi pada aspek teknis fungsional di bidangnya dan aspek bisnis.

KONSEP DASAR

Aspek Dasar Kemampuan Individu


Setiap individu, pada dasarnya harus mengembangkan 2 aspek kompetensi, yaitu Hard skill (Technical Skill) dan Soft Skill (People Skill). Soft skill atau sering juga disebut sebagai People Skill adalah merupakan basis pengembangan kompetensi Leadership. Pada umumnya management dalam perusahaan lebih focus pada kompetensi hard skill. Padahal keberhasilan suatu usaha adalah bergantung pada karyawan nya, dan keberhasilan tersebut akan bergantung pada kemampuan kerja sama atau team work nya. Untuk dapat terjadi sinergi kerja sama yang maksimal dan produktifitas yang tinggi, maka kompetensi soft skill menjadi kebutuhan yang dominan.

Management Skills Portfolio


Setiap karyawan khususnya pada jajaran manajemen sangat perlu untuk memiliki kompetensi yang kuat pada aspek Manajerial, Kepemimpinan, Bisnis dan Teknikal. Program pelatihan Xerofi disusun dengan mengacu pada pembentukan 4 segi portfolio: Personal Skill, People Skill, Work Skill dan Business Skill. Ke-empat segi tersebut adalah proses pembentukan kompetensi dalam bidang Management, Leadership dan Business.