Trusted Partner in People and Corporate Development

 

Ida Toha


Lulus S1 dari Universitas Pajajaran Bandung, dalam bidang Komunikasi Masa, Jurnalistik, kemudian lulus sebagai Master of Arts di bidang Mass Communication di California State Unversity Fresno, USA. Pengalaman bekerja selama lebih dari 25 tahun di PT Mitra Bina Talenta, Partner, di PT SAP Indonesia sebagai HR Manager & Change Management Counsultant, sebagai GM Human Resources di PT Satelit Palapa Indonesia dan di IBM menduduki beberapa posisi di Professional dan Managerial. Beberapa Proyek yang pernah ditangani, Integrated HR Systems, di industri jasa keuangan/perbankan, HR Manager Operations (outsourcing), di industri perbankan, Change Management, di industri transportasi, jasa , Code of Business Conducts, di industri telekomunikasi, Sistem Imbal Jasa di industri perbankan, telekomunikasi, Market Survey untuk Sistem Imbal Jasa di industri keuangan, Job Analisis & Job Evaluasi di industri keuangan/perbankan, telekomunikasi , Rekrutmen, di industri IT, telekomunikasi, Training & Development, termasuk Training Design di berbagai industri dan Career Management, di perusahaan BUMN.

Wahyu Wijayadi


Lulus S1 Teknik Elektro Institute Teknologi Bandung (ITB), memperoleh gelar MBA dari Institut Pengembangan Manajemen Indonesia (IPMI) dan menyelesaikan Senior Executive Program di London Business School. Memulai karir sebagai Director of Operation & Production di stasiun tv Cipta Televisi Pendidikan Indonesia (TPI) tahun 1997. Kemudian sebagai President Komisaris PT Telkomsel dan Satelindo pada tahun 2000 hingga 2002. Setelah itu pada tahun 2003 hingga 2009, menjabat sebagai direktur di beberapa perusahaan. Pada PT Indosat tahun 2003-2009, sebagai Director of Corporate Services, Director of Marketing dan Director of Fixed Communications. Tahun 2009 – 2011 sebagai Director pada PT Elang Mahkota Tekhnologi. Tahun 2009 hingga Kini sebagai Advisory Board of STEI – Institute Teknologi Bandung (ITB).

DR. M.Toha


Lulus S1, S2 dan S3 dari ITB dalam bidang Teknik dan Management Industri pada tahun 2005. Memulai karirnya pada tahun 1980 di PT Gamaco Buana Computer. Kemudian bekerja di PT INTI dimulai dari jabatan Kepala Sistem Informasi Management, GM dan sebagai Direktur. Memiliki pengalaman sebagai Pembicara dan Fasilitator di sejumlah perusahaan dan universitas seperti MICRA, Krakatau Steel, ANTAM, BRI, ITB, UNISBA, UNINUS, ALDP dan lainnya. Tahun 2003 sampai sekarang, sebagai Direktur Utama PT. Qolsa Smartsyst 2004 Komisaris di PT. Sinergi Pakarya Sejahtera. 2005 sebagai Direktur Utama di PT. Multi Sarana Nusantara.  Tahun 2006 Direktur Koordinat di CCE Sampoerna.

Effendi Ibnoe


S1 lulus dari Universitas Indonesia, Industrial Psychology. Memperoleh MM/MBA pada tahun 1992 dari IPMI International Business School.

11 tahun di IBM (IT company) IBM Asia/Pacific HQ office di Hong Kong, 4 tahun di Makro (Dutch retail company) sebagai HR Director, 11 tahun di GE Human Resources Director of GE Indonesia dan sebagai HR Director for GE Southeast Asia di Kuala Lumpur (diversified technology, financial services and media company), 3 tahun di StandChart and PermataBank, 3 tahun di Bakrie & Brothers Services sebagai Director & Chief Learning Officer, beberapa tahun menjabat sebagai Director & Chief Human Energy Officer pada PT. Intraco Penta, TBk.

Brata Taruna Hardjosubroto - Lead Trainer and Consultant

S1 lulus dari ITB, Teknik Elektro tahun 1980, Memperoleh Scholarship dalam bidang Microprocessor & Digital Design di Philips International, Eindhoven, Netherlands.  Memperoleh MBA di Newport University pada tahun 1992. 1982 memulai karir sebagai Field Engineer, Schlumberger. Sejak 1984 bekerja di IBM Indonesia sebagai Manager selama 10 tahun, kemudian di PT CSM (VSAT Services) sebagai General Manager selama 3.5 tahun. Sejak 1997 menjadi General Manager di PT Indosat, tbk, dan sebagai President Director di PT Indosat Mega Media (IM2), sebagai Komisaris di PT Indosat Mega Media (IM2). Setelah pensiun dari Indosat di tahun 2007, bekerja sebagai tim dosen di BSM (Bakrie School of Management), dan menjabat sebagai Vice Dean. Tahun 2008 – 2009  sebagai Komisaris Utama PT Pos Indonesia. Sejak 2009 hingga sekarang sebagai Founder dan Managing Partner Xerofi Indonesia, yang menyelenggarakan pelatihan di bidang Management, Leadership dan Business.

Nizar Mansur


Lulus dari UI, Fakultas Teknik Electro dan melanjutkan Executive Program Business Administration di Columbia University. Memulai kariernya di IBM sebagai Director of Marketing & Services pada tahun 1976.  Setelah 18 tahun di IBM, kemudian bekerja di PT PPLI & PT Waste Management Indonesia Environment, Chemical Production & Consulting company. Tahun 2000 di PT Siemens SBT sebagai Managing Director. Sebagai Director of Sales & Marketing di PT Nokia Neworks Indonesia tahun 2003. Kemudian beliau pindah ke PT Exelcomindo Pratama sebagai Senior Vice President pada tahun  2005. Memberikan training diberbagai perusahaan dan juga sebagai pembicara di mancanegara.

Dora F. Sudarsono


Lulus S1 di bidang Bachelor of Art, Mathematics - Computer Science, California State University of Los Angeles. Lebih dari 30 tahun bekerja dalam berbagai bidang di beberapa perusahaan, dimulai dari USI/IBM Indonesia di beberapa posisi professional & manajemen, Standard Chartered Banak Indonesia sebagai Country Head of Human Resources, ABN AMRO Indonesia – Country Head of Human Resources, Astra Mobil Group – Senior General Manager Human Resources, Deutsche Bank Indonesia – Country Head of Human Resources, PT. Watson Wyatt Indonesia – Human Capital Group Practice Leader, dan sejak tahun 2004 sampai sekarang sebagai Konsultan SDM. Beberapa Proyek yang pernah ditangani antara lain adalah; Integrated HR Systems, di industri jasa keuangan/perbankan, Culture Assesment & Competency Model Development di BUMN – Industri Oil & Gas, Executives Assessment di BUMN – Industri Oil & Gas, Sistem Imbal Jasa & Performance Management di industri perbankan swasta & BUMN, Market Survey untuk Sistem Imbal Jasa di berbagai industry, Job Analisis & Job Evaluasi di berbagai industri.

Gufron Sumariyono


Lulus S1 dari Fakultas Teknik Kimia, Universitas Gadjah Mada tahun 1970. Bergabung dengan IBM tahun 1971, sebagai Marketing Representative, kemudian sebagai Marketing Trainer di IBM Regional Education Center untuk wilayah Asia Tenggara termasuk Korea dan Hongkong. Mengikuti beberapa training yang diadakan di dalam dan luar negeri dan menjadi Internal Trainer di Bangkok dan Hongkong. Beberapa jabatan di IBM antara lain di departemen External Programs, Communications dan Marketing. Prestasi yang dicapai adalah memimpin Proyek Komputerisasi DKI Jakarta. Merubah sistim manual menjadi sistim data base dan on line yang pertama di Asia Tenggara. Setelah 15 tahun, sejak 1991 pindah ke grup Humpuss, sebagai Corporate Director di Holding, kemudian Direktur Utama di PT Humpuss Trading dan Direktur Utama di PT Rante Mario. Tahun 2004 sampai sekarang bergabung dengan grup ESQ pimpinan Ary Ginanjar. Mendirikan dan memimpin Yayasan Wakaf dan Lembaga Kemanusiaan ESQ untuk membantu kaum dhuafa meningkatkan pendapatan ekonomi mereka.

Aldi Amka Affandi


Lulus S1 dari IPB dalam bidang Mekanisasi Pertanian. Memulai karirnya pada tahun 1987 di PT United Tractors. Tahun 1988 bekerja di IBM Indonesia, sebagai Client Account Management dan ditempatkan di IBM Singapore, ASEAN Region, bertanggung jawab untuk Industri Telekomunikasi, Management Produk Mid-Range, menangani Operasi Industri Regional untuk IBM ASEAN, sebagai Mid-Range Product Manager dan Regional Telco Operation Manager.

Tahun 1999 sampai sekarang bekerja di AAA Free Enterprise Jakarta, sebagai Pembicara dan Advisory Personal Coach untuk Pembimbingan Keseimbangan Hidup,  Kepribadian, Pengembangan  Kepemimpinan dan Usaha Pribadi.

Arief Purbadi


Lulus S1 jurusan Arsitek dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta tahun 1988 dan melanjutkan Extention Program Fakultas Ekonomi di Universitas Indonesia tahun 1990. Kemudian memperoleh gelar Master of Business Administration di Prasetiya Mulya Business School tahun 1933, Jakarta dan Master of Business di Victoria University, Melbourne – Australia tahun 1999. Memulai karir di tahun 1989 di Matari Advertising sebagai Account Executive hingga Account Director, dengan account perusahaan berskala besar seperti PT Telkom Indonesia, Procter & Gamble, Garuda Indonesia, Lady Americana Indonesia. Sebagai Exhibition Director di Dyandra Promosindo, sebuah perusahaan exhibition orginizer. Sejak tahun 2003 hingga kini, aktif sebagai trainner dan lecturer di Bank BRI – Pusdiklat dan Universitas Institut Bisnis dan Informatika Indonesia.

Razid Black

B.A., Communication lulus dari UCLA tahun 1972, International Student di ITB tahun 1969-1970. Menulis beberapa buku diantaranya “Unscrambling the Cube” dari Z.E.D. Books publication di Amerika Serikat tahun 1980. 

Berkarir dilebih dari 20 perusahaan mulai tahun 1970, diantaranya sebagai Founding Partner di Zephyr Engineering Design, Los Angeles, 1980-1985; Partner di Information Strategies Corporation, IT Software Development, Training & Consultancy, Pasadena 1985-1991; Director di InTouch Communications Pte. Ltd. IT Systems, Singapore, 1989-1992; Team Leader AHT World Bank project IT Curriculum Development, Jakarta, 2000-2001; dan Business Development di NM Resource Holdings Pte. Ltd. Holding Company, Singapore 2009-2012.

Tony Purbowo

Setelah lulus S1 Accounting dari Universitas Gadjah Mada, Tony Purbowo memulai karir di IBM Indonesia sebagai Senior Financial Analyst tahun 1984. Tahun 1987 berkarir di PT Pfizer Indonesia sebagai Accounting Manager. Kemudian tahun 1990 sebagai Country Controller di PT Cargill Indonesia. Pada tahun 1994 sebagai Finance Director di Coca-Cola Amatil. Kemudian menjabat sebagai General Manager di PT Japfa-OSI Food Industries, setelah itu menjabat sebagai Managing Director di PT Simplot Food Processing. Pada tahun 2001, menjabat sebagai President Director di PT Patra Jasa, dan PT Hutchison tahun 2005. Tahun 2008 – 2011 sebagai President Director dan Commissioner PT Tira Austenite, dan President/CEO PT Sintesa Banten Geothermal. Desember 2011 hingga sekarang sebagai Advisory Board/BOD pada PT Hutama Karya.

Tjahyo Dwi Ariantono


Lulus S1 dari Institute Teknologi Bandung dan memulai karir dengan IBM Indonesia sejak tahun 1984 hingga 1994, sebagai Programmer Analyst dan Application System Engineer/Marketing Specialist in Petroleum Industry. Kemudian bekerja di PT Astra Agro Lestari pada tahun 1995 hingga tahun 2011 sebagai HRD General Manager, Public Relation General Manager, General Affairs & Public Relations General Manager, Head of Investor & Public Relation, dan kemudian pensiun.

Dedy Rachmadi

Lulus S1 dari ITS, Civil Engineering / Construction dengan penghargaan tertinggi tahun 1983.  Memulai karirnya di PT Adhi Karya, sebagai Planning & Budgeting, kemudian pindah ke IBM Indonesia tahun 1984 selama 7 tahun, sebagai IT Technical Training,  untuk Database, Communication dan juga memegang beberapa project seperti Management Project, Join Application Design dan Application Trainings dan juga membuat Internal dan External application support sesuai dengan kebutuhan bisnis.  Bekerja di PT Astra International sebagai Project Manager untuk SAP, kemudian di PT Astra Otoparts sebagai Division Head Productivity & Efficiency. 

Bekerja di PT Tripolyta Indonesia, sebagai Head of Corporate Information Technology, bertanggung jawab untuk Quality Management System, Balance Scorecards dan Performance Management System.  Dipercayakan sebagai Executive Vice President untuk Corporate Human Resources & General Affairs dan bertanggung jawab untuk membuat system HR & GA Strategic Plan, Company’s Performance Management System, Facilitate in defining Corporate Key Performance Indicator, (KPI), Divisional and Departmental& Individual KPI, Online Performance Management System dan juga Set-up Succession Planning and Career Path for each Job Position.

Tahun 2011 dalam 3 bulan dipercayakan PT Chandra Astri Petrochemical Tbk. merger dengan PT TriPolyta Indonesia Tbk. dan establising new Organization structure.

TRAINER AND KONSULTAN KAMI

Adolf Siregar

S1 lulus dari Universitas Sumatera Utara, Medan 1983. Master of Business Administration (MBA) from IPPM 1989. Master of Management (MM) from STM-PPM 1995.

3 tahun di Bina Swadaya, 1 tahun di United Nations Development Programme (UNDP) sebagai fulltime Technical Assistant, 1 tahun di Kreatif Systemindo Infotama, 11 tahun di ACNielsen Indonesia, 5 tahun di LATIVI Television Broadcasting, 2 tahun di Adi Karya Visi, 4 tahun di ARRBEY International, 1 tahun di National Startup Centre (NSC) & Del Arrbey Coding Startup Academy (DACSA) sebagai Senior Partner.